KPE PNS AKAN SEGERA DIBAGIKAN

Kartu Pegawai Elektronik (KPE) merupakan program Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam rangka memudahkan urusan persoalan kepegawaian (sebagai pengganti Karpeg) serta penggajian menggunakan teknologi smart card dan otentifikasi sidik jari sehingga selain sebagai identitas PNS, KPE nantinya bisa dimanfaatkan untuk berbagai layanan seperti perbankan, kesehatan, Taspen, Taperum dan lain-lain.

Terkait dengan program ini, telah ditetapkan Peraturan Kepala BKN Nomor 7 Tahun 2008 tentang Kartu PNS Elektronik . Salah satu tujuan dari KPE adalah meningkatkan pelayanan kepada PNS. Kegiatan pengembangan KPE ini telah dirintis sejak tahun 2006 yang dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama antara Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan PT SUCOFINDO (Persero) tentang PEMBANGUNAN, PENERAPAN DAN PENGEMBANGAN KARTU PEGAWAI NEGERI SIPIL ELEKTRONIK DALAM SISTEM LAYANAN PEGAWAI NEGERI SIPIL dengan perjanjian kerjasama nomor : 01/KS/I/06, 070/DRU-I/RKT/2006, Tgl 23 Januari 2006. Sejalan dengan hal tersebut kemudian dibentuk tim persiapan implementasi KPE dengan asumsi sumber pendanaan tidak membebankan APBN namun berasal dari stakeholder terkait, misal instansi, perbankan, dll.

Sedangkan pembuatan KPE untuk PNS di Kabupaten Karangasem, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Karangasem telah bekerjasama dengan Bank BPD Bali dan BKN. Untuk pembuatan KPE tersebut, PNS Pemkab. Karangasem telah diambil foto dan sidik jarinya (tahap I) yang dilaksanakan dari tanggal 14 s/d 23 Mei 2012 oleh Pihak PT. Sucofindo selaku rekanan BKN, bertempat di GOR Gunung Agung Amlapura sedangkan sisanya akan diambil foto dan sidik jarinya tahun 2013.

Setelah menunggu hampir lima bulan akhirnya KPE Tahap I bagi PNS Pemkab Karangasem telah selesai dicetak hal ini sesuai dengan Surat Kepala BKN Nomor: EIV26-30/V.287-6/60 tanggal 10 Oktober 2012, perihal penyerahan Kartu Pegawai Negeri Sipil Elektronik (KPE) yang diselenggarakan pada tanggal   31 Oktober 2012 di gedung II lantai ke-10 BKN dengan hasil sebagai berikut:

Jumlah PNS Pemkab. Karangasem yang telah diambil foto dan sidik jarinya pada  tanggal 14 Mei s/d 23 Mei 2012 sejumlah 3.196 orang. Dari jumlah 3.196 orang tersebut di atas terdapat 50 orang PNS yang bermasalah/terjadi kekeliruan data sehingga KPE yang bersangkutan belum bisa di cetak oleh pihak BKN. Adapun beberapa penyebab PNS yang bersangkutan belum bisa dicetak KPEnya antara lain:a) Sidik jari yang bersangkutan tidak terbaca oleh komputer;b) Foto yang bersangkutan kabur atau buram;c) Data yang bersangkutan pada saat pengambilan foto tidak sesuai dengan data yang dimiliki oleh BKN. Sehingga selisih data pegawai yang telah diambil foto dan sidik jarinya dengan  data pegawai yang bermasalah adalah 3.153 orang yang ditetapkan sebagai kuota BKN. Dari kuota  3.153 tersebut baru tercetak 3.146 orang dan sisanya sebanyak 7 orang akan dicetak kemudian, karena masih menunggu chips dari luar negeri. Sesuai arahan  dari Pihak BKN, KPE tersebut setelah diserahterimakan dari Pihak BKN kepada Pihak BKD kabupaten/kota se Provinsi Bali selanjutnya BKD kabupaten/kota harus menyerahkan KPE tersebut kepada Pihak Bank BPD Bali untuk diperso atau dibuatkan data keuangan elektroniknya (ATM). Selanjutnya setelah diperso, Pihak Bank BPD Bali akan menyerahkan kembali KPE tersebut kepada BKD Kabupaten/Kota dan selanjutnya sesuai petunjuk dari BKN Kartu KPE tersebut baru dapat didistribusikan ke masing-masing instansi/pegawai bersangkutan tanggal 01 Januari 2013.

Adapun mekanisme perbaikan /Penggantian KPE adalah sebagai berikut:

– Kartu Pegawai Negeri Sipil Elektronik (KPE) rusak, syaratnya adalah sbb:

  1. KPE Asli
  2. Fotocopy SK CPNS
  3. Fotocopy SK Konversi NIP
  4. Usul perbaikan ditujukan kepada BKN Pusat

– Beda Nama/Tgl Lahir/NIP

  1. Fotocopy  SK CPNS
  2. Fotocopy SK Konversi NIP
  3. SK Dit.Status bila ada
  4. Usul perbaikan ditujukan kepada BKN Pusat

– Foto salah

1. Foto Ulang

– Tidak Bisa dipersonalisasi

1. KPE asli

– KPE Hilang

1. Surat Keterangan Kepolisian

2. Fotocopy SK Konversi NIP/SK CPNS

– KPE Tertelan ATM

1. Melapor ke bank induk

Dengan adanya KPE ini, semoga memudahkan PNS Kabupaten Karangasem dalam segala urusan birokrasi kepegawaian dan penggajian, menuju era kantor tanpa kertas (paperless office). Semoga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s