PEGAWAI YANG BEKERJA DI ATAS 2005 BUKAN HONORER TAPI TENAGA OUTSOURCHING

JAKARTA–Pemerintah memastikan tidak akan ada lagi pengangkatan CPNS dari tenaga honorer selain kategori satu (K1) dan dua (K2). Hal ini sesuai ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 Tahun 2005 jo PP 56 Tahun 2012, yang sudah sangat jelas mengatur bahwa yang diangkat CPNS hanya honorer tertinggal K1 dan K2. “Kita harus konsisten kepada aturan. Aturannya kan sudah menyatakan, di atas 2005 tidak ada lagi honorer. Jadi kalau ada lagi honorer itu tanggung jawab instansi yang mengangkat,” kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno kepada JPNN, Kamis (23/5).

Ditegaskannya, sikap “bandel” kepala daerah yang tetap mengangkat honorer di atas 2005, menjadi risiko daerah masing-masing. Pusat tidak akan memberikan celah lagi untuk mengangkat honorer di atas 2005 menjadi CPNS. ” Bagi pemerintah, tenaga kerja yang bekerja di atas 2005 bukan honorer tapi tenaga kontrak atau outsourching,” terangnya.

Perekrutan tenaga kontrak, lanjut Eko, juga sudah diatur pemerintah. Bagi daerah yang kekurangan tenaga kerja, silakan merekrut tapi dengan syarat  melalui pihak ketiga yakni perusahaan outsourching.
Itupun dengan catatan, keuangan daerah mencukupi untuk membayar gaji tenaga kontraknya. Ini juga memudahkan pemda karena tidak terjadi ikatan ataupun pemberian janji-jani politik.

“Pemda tidak akan kebebanan bila suatu saat masa kontraknya selesai dan ganti SDM lain. Kalau yang honorer K1 dan K2 kan sudah ada keharusan mengangkat mereka menjadi CPNS,” tandasnya. (ngh/jpnn)

5 thoughts on “PEGAWAI YANG BEKERJA DI ATAS 2005 BUKAN HONORER TAPI TENAGA OUTSOURCHING

  1. slmt pagi bkd karangasem, saya tmtan s1 pendi2kan bhs dan sastra indonesia, sya mau tanya boleh sya ngonor d SD?dan jika saya ngonor di SD bagaimana kedepannya?apa sya bsa menjadi gru SMP?

    • untuk masalah pengangkatan tenaga honorer (pengabdi,kontrak, harian) sejak tahun 2005 tidak boleh ada pengangkatan, sedangkan bagi yang bekerja setelah tanggal 1-1-2005 menjadi urusan instansi yang memperkerjakan.

      • Maksud saya disini, saya kan baru tamat s1 pendidikan bhs dan sastra indonesia maunya ngonor di smp atau sma tapi tidak ada lowongan, boleh saya ngonor di SD?dan jika saya ngonor di SD bagaimana kedepannya?apa sya bsa menjadi gru SMP nantinya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s